Thursday 27 November 2008

everybody loves irene 2nd album



Ini adalah album kedua dari Everybody Loves Irene (ELI), mereka dikenal karena gerilya-nya mempublikasikan sebuah band trip-hop-pop-indonesia nya ini di berbagai media dan berbagai cara, experiment yang cukup berani, hal tersebut telah membuat mereka menjadi salah satu band Indonesia di Myspace yang paling banyak diakses, dan menjadi band ungulan di Channel [V] Amp.

Masih Portishead-esque, tetapi rasanya mereka sudah lebih mengetahui bentuk dan arah musik ELI sendiri dibandingkan album pertama, walaupun masih ‘berusaha’ menjadi gloomy. Yang menyebabkan mereka masih menjadi Portishead KW-3, rasanya sayang juga.

Saya kurang tahu dari mana mereka mendapatkan referensi penulisan lirik, yang berusaha menjadi ‘puitis’ dan ‘dalam’ ini, tapi saya merasa kasihan juga “…Let’s make out, but please don’t get to fast, we can make it hard, blood in a rush…” . Lirik-lirik lucu lainnya bisa kalian baca sendiri kalau sudah memiliki CD ini.

The point is… mereka mendapat berbagai macam pujian karena eksistensi mereka di internet, terobosan marketing dan coverage media lainnya, bukankah sudah saatnya mereka berhenti ‘berusaha’ menjadi Portishead, dan mulai membentuk karakter sendiri, sehingga mungkin dikemudian hari mereka akan mulai dipuji karena eksplorasi dan terobosan di musiknya.

Ps : saya suka lagu “Rindu”, hasil daur ulang lagu dari “Planetbumi”, yang tampaknya bahasa Indonesia memang lebih cocok untuk karakter vokal Irine.

No comments: